Oleh-Oleh Khas Jogja

Oleh-oleh khas Jogja –¬†Pernahkah Anda ke Jogja? Kota penuh sejarah yang masih menjunjung tinggi budaya Jawa yang kental itu, hingga saat ini selalu jadi tujuan wisata sejarah dan kuliner yang tak pernah sepi. Ditambah pula saat kembali ke daerah asal, Anda bisa membawa pulang oleh oleh khas Jogja yang banyak jenis dan unik pula. Tujuh diantaranya paling digemari, apa sajakah itu?

Oleh-Oleh Khas Asal Jogja

1. Bakpia Pathok

Cemilan yang dibuat dari adonan tepung yang diisi dengan kacang hijau ini sudah melegenda sejak puluhan tahun lalu. Ditambah pula keawetannya yang cukup lama, sehingga dapat dijadikan oleh-oleh untuk kerabat di luar daerah bahkan luar negeri. Bahkan kenikmatannya sampai dibuatkan lagu oleh artis nasional Project Pop.

Kalau dulu isian bakpia itu hanya kacang hijau, tapi seiring perkembangan zaman muncul berbagai varian bakpia. Ada yang isinya keju dan isian kekinian yang sesuai dengan selera kaum milenial. Anda bisa membelinya di kawasan Malioboro Jogja dengan harga berkisar puluhan ribu saja.

2. Gudeg Kaleng

Puas mencicipi langsung gudeg Jogja yang terkenal di Jalan Malioboro, Anda kini sudah bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh Jogja yang tahan lama. Gudeg yang dikemas dalam bentuk kaleng dengan berbagai varian jenis dan rasa ini dijual di berbagai outlet makanan khas Jogja.

Sama halnya dengan makanan kalengan lainnya, gudeng ini punya masa kadaluarsa berkisar satu tahun setelah diproduksi. Jadi tak perlu khawatir menjadikannya buah tangan!

3. Mamahke Jogja

Makanan kekinian yang juga sudah jadi ikon makanan Jogja ini merupakan milik artis Zaskia Adya Mecca. Merupakan Oleh oleh khas Jogja yang lagi hits dengan beberapa lapis yang punya cita rasa unik. Para pelancong Jogja juga tak mau ketinggalan untuk membawanya sebagai oleh-oleh.

Cek juga: Biografi Bung Tomo

4. Batik

Batik Jogja sudah dikenal hingga mancanegara, karena kualitasnya yang tinggi. Tak salah kalau masuk dalam daftar oleh-oleh wajib dari Jogja, bisa dibeli di Pasar Beringharjo dengan berbagai motif dan warna. Cocok dijadikan bahan dasar membuat pakaian hingga rok pernikahan. Jika berminat, Anda juga bisa membelinya untuk koleksi pribadi atau oleh-oleh.

Jika Anda ingin yang sudah dibentuk menjadi pakaian jadi atau produk lainnya juga ada, seperti alas meja, alas kasur, sarung bantal, dan lainnya. Tinggal sediakan uang yang cukup agar bisa belanja sepuasnya.

5. Perak

Untuk mendapatkan oleh oleh khas Jogja selain makanan yang terbuat dari perak ini, Anda bisa berkunjung ke daerah Kotagede. Disana banyak pengrajin perak yang menyediakan berbagai produk perak, seperti souvenir hingga miniatur benda khas Jogja. Harganya sangat bervariasi, dari ribuan hingga ratusan ribu Anda bisa pilih sesuai keinginan.

6. Kaos Dagadu

Jogja juga punya ikon fashion yang sudah dikenal sejak lama, yaitu Dagadu yang menyediakan kaos dengan motif dan kalimat unik dalam bahasa Jawa. Selain itu juga terdapat berbagai aksesoris yang menggunakan bahan khusus dan uniknya maksimal. Saat ini Dagadu sudah punya banyak cabang di berbagai daerah Jogja, diantaranya di Kotagede dan mall besar di sana.

7. Gabah

Memadukan tanah liat dan rotan adalah keahlian pengrajin cinderamata Jogja, hasilnya berbagai alat dan benda unik bisa dipilih sebagai oleh-oleh. Ada yang berbentuk pajangan untuk rumah, hingga perlengkapan dapur yang sangat awet dan bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan memasak Anda.

Jadi sekarang Anda sudah bisa ancang-ancang mau membeli Oleh oleh khas Jogja yang paling tepat bukan? Mau yang berbentuk makanan tinggal pilih bakpia pathok atau Mamahke Jogja, jika ingin yang tahan lama bermanfaat bisa memilih batik dan produk fashion Dagadu. Ayo hunting sekarang!