Pentingnya Hak Merk Bisnis Agar Tidak Ditiru

Santanderdequilichao –┬áMemulai bisnis dari awal memang tidak mudah. Jangan hanya memikirkan permodalan, masih banyak aspek lain yang perlu dipersiapkan dengan matang. Misalnya seperti manufaktur, target konsumen, karyawan, hal-hal yang sering diabaikan oleh pengusaha pemula yaitu brand yang ada di perusahaan Anda.

Sama seperti pria dengan namanya, produknya juga harus bermerek. Tujuannya agar produk yang Anda buat, jual dan beli mudah diketahui banyak orang.

Apa itu merek dagang?

Menurut Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), merek dagang adalah merek dagang yang dapat ditampilkan secara grafis untuk membedakan barang atau jasa yang diproduksi oleh perseorangan atau badan hukum dalam rangka kegiatan komersial.

Merek ini tidak hanya terkait erat dengan nama, tetapi juga dapat berupa logo, gambar, huruf, angka, atau hanya warna yang disusun dalam dua atau tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari semua elemen lainnya.

Daftarkan merek dagang perusahaan

Jika Anda ingin melegalkan merek dagang suatu produk, maka hak merek dagang tersebut harus terdaftar. Jadi, orang lain tidak bisa sama persis dengan merek Anda. Biasanya dalam kontes atau pameran perusahaan, konsumen tidak segan-segan bertanya tentang legalitas produk dan lisensi tambahan lain yang menambah nilai produk.

Alasan untuk mendaftarkan hak merek dagang

Selain digunakan untuk membedakan produk dari yang lain, merek juga berfungsi sebagai sarana promosi. Jika lebih mudah mendapatkan popularitas daripada merek terkenal, risiko plagiarisme oleh pebisnis penipu lainnya sangat tinggi.

Jika ada situs yang dengan sengaja menjiplak hak merek Anda, mereka akan dikenakan sanksi. Namun, jika merek dagang Anda belum terdaftar dan Anda menemukan kasus plagiarisme seperti itu, Anda tidak dapat mengajukan laporan plagiarisme.

Merek dagang tidak terdaftar

Sebagai seorang wirausahawan, Anda memiliki kebebasan untuk merek sendiri di bisnis Anda sendiri, namun perlu Anda ketahui bahwa ada merek yang tidak memenuhi syarat untuk didaftarkan, antara lain:

Jika merek bertentangan dengan ideologi negara, hukum, moralitas, agama, kesusilaan dan ketertiban umum.

Jika merek yang diusulkan terlalu umum

Merek dapat menyesatkan publik. Misalnya, ada ketidaksesuaian antara materi yang digunakan, layanan yang ditawarkan, dan sebagainya.

Karena kemiripan merek dapat terjadi, meskipun tidak diharapkan, Anda harus terlebih dahulu memeriksa merek produk di katalog DGIP untuk menghindari merek produk serupa.

Biaya pendaftaran merek dagang

Pengusaha dapat mendaftarkan perusahaan atau merek produknya ke DJKI secara manual atau online. Mengenai harga atau tarif pendaftaran bervariasi sesuai dengan kelas yang telah ditentukan oleh DJKI berdasarkan jenis produknya. Di bawah ini adalah daftar merek yang harus disiapkan:

  • UMKM (online) Rp 500 ribu / kelas
  • UMKM (manual) Rp 600.000 / Gelar
  • Perusahaan atau firma non UMKM (online) Rp 1,8 juta / kelas
  • Perusahaan perdagangan atau non UMKM (manual) Rp2 juta / kelas

Lindungi bisnis dan produk Anda

Bayangkan Anda lelah membangun bisnis yang sukses seperti Anda sekarang dan produknya laris manis di pasaran, tetapi dapatkah orang lain dengan mudah menyalin produk Anda dan mengklaim itu nyata? Ya pasti ada sakit hati, kesal, marah dan sebagainya. Sekalipun Anda ingin menuntut, Anda tidak bisa karena perusahaan atau produk yang Anda jual itu ilegal.

Seperti halnya jasa backlink Sponduu yang telah memiliki hark merk “Sponduu” agar tidak bisa ditiru oleh orang lain.

Untuk tujuan ini, betapa pentingnya melindungi bisnis dan produk Anda dengan mendaftarkan merek Anda dan membuatnya tersedia secara legal, untuk mencegah situs agar tidak ingin melakukan penipuan. Jika seseorang melakukan plagiat, Anda tentunya sangat senang bisa melaporkannya dan melaporkannya ke polisi. Mengirimkan merek bisnis Anda juga dapat membuat Anda lebih fokus untuk mengembangkan bisnis yang lebih luas.