Perbedaan Xiaomi Mi 10 dan Mi 10T

Santanderdequilichao – Xiaomi Mi 10 sempat menjadi perhatian para penggemar Xiaomi saat diluncurkan pada Februari 2020 ke dunia. Ponsel penerus seri flagship ini hadir dengan beragam kemampuan, seperti kamera 108 MP, fast wireless charging, dan lainnya.

Beberapa bulan kemudian, Xiaomi Mi 10T muncul di akhir September 2020, bisa dikatakan versi ringan tetapi kenyataannya tidak terlalu ringan. Karena memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Mi 10.

Tidak sabar untuk melihat bagaimana kedua ponsel andalan ini saling mengalahkan? Berikut perbedaan Xiaomi Mi 10 dan Mi 10T yang harus Anda ketahui.

1. Super AMOLED vs. IPS LCD

Panel tampilan kedua ponsel andalan ini berbeda. Sementara Xiaomi Mi 10 lebih unggul dengan panel layar Super AMOLED, Xiaomi Mi 10T justru terlihat mengalami cutoff karena hanya menawarkan panel IPS LCD.

Namun, keduanya menawarkan diagonal 6,67 inci dan juga bersertifikat HDR10+, sehingga mampu menampilkan lebih banyak warna.

Lapisan Corning Gorilla Glass 5 sama-sama memiliki, sehingga tidak mudah tergores dan rusak saat terjatuh. Selain panel, resolusi dan rasio aspeknya sedikit berbeda. Meski sama-sama Full HD Plus, layar Xiaomi Mi 10 memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel dengan aspek rasio 19,5:9. Sementara itu, Xiaomi Mi 10T memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel dengan aspek rasio 20:9. .

2. Kecepatan refresh 90 Hz vs 144 Hz

Di panel, Xiaomi Mi 10 bisa terlihat lebih unggul. Namun nyatanya, refresh rate 90Hz-nya tidak bisa mengalah terhadap mode 144Hz di saku Xiaomi Mi 10T.

Faktanya, kecepatan refresh 90Hz di antara flagships cenderung terlihat kuno. Tidak perlu merogoh kocek banyak untuk memanfaatkan refresh rate 90Hz, karena sudah ada realme 7 dan realme Narzo 20 Pro yang hadir dengan mode 90Hz, namun harganya masih masuk kelas menengah. kelas.

Lalu bagaimana dengan refresh rate 144Hz pada Xiaomi Mi 10T? Pada tulisan ini, tidak ada ponsel yang menawarkan kecepatan refresh yang lebih tinggi dari ini. Jadi ponsel ini memang yang terbaik dari yang terbaik dalam hal refresh rate, menjadi anggota daftar HP dengan refresh rate 144Hz, seperti ASUS ROG Phone 3, Nubia Red Magic, Lenovo Legion Duel, dll. .

3.RAM dan memori internal

Varian RAM dan memori internal umumnya berbeda untuk setiap varian HP, dan perbandingan kedua ponsel ini tidak terkecuali. Keduanya dipastikan menawarkan RAM tipe LPDDR5 dan memori internal UFS 3.0. Namun, kapasitasnya berbeda-beda.

Xiaomi Mi 10 sendiri dimulai dengan RAM 8 GB dan dua pilihan memori internal antara 128 GB dan 256 GB.Sedangkan untuk Xiaomi Mi 10T versi terendah adalah RAM 6 GB, sedangkan versi kedua memiliki RAM 8 GB.

Di Indonesia, Mi 10T hanya tersedia dalam versi RAM 8 GB. Hanya ada varian memori internal 128GB di Mi 10T, jadi jika Anda mencari kapasitas penyimpanan lebih banyak, pilih saja Xiaomi Mi 10.

4. Resolusi dan jumlah kamera

Xiaomi Mi 10T hanya memiliki tiga kamera di bagian belakang. Lensa utama menggunakan sensor Sony IMX682 dengan ukuran sensor 1/1.7 inci dan aperture f/1.89. Kedua lensa pelengkap tersebut adalah sensor ultra lebar 13 MP dengan bukaan f/2.4 dan sudut lebar 123 derajat, serta lensa makro 5 MP dengan fungsi autofokus pada jarak maksimum 2 cm.

Tentu hal ini berbeda dengan Xiaomi Mi 10 yang memiliki setup kamera lebih baik, dengan kombinasi empat kamera menggunakan sensor utama 108 MP f/1.7 berukuran 1/1.33 inci, kamera ultra wide 13 MP. dan dua lensa lainnya adalah kamera 2 MP. Masing-masing kamera ini adalah sensor makro dan kedalaman.

Tidak ada perbedaan kemampuan perekaman, masing-masing mampu merekam dalam resolusi 8K pada frame rate 30 FPS dan dalam resolusi 4K pada frame rate hingga 60 FPS.

5. Lokasi pembaca sidik jari

Karena kedua ponsel ini memiliki panel layar yang berbeda, wajar saja jika letak pembaca sidik jarinya juga berbeda. Xiaomi Mi 10 yang sudah menggunakan OLED memiliki pemindai sidik jari dalam layar. Sementara itu, Xiaomi Mi 10T memiliki sensor di bagian samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power.

Biasanya, sidik jari di bawah layar hanya dapat diterapkan pada ponsel dengan layar OLED, sehingga Xiaomi Mi 10 terasa lebih ‘unggulan’ daripada Mi 10T. Beberapa orang setidaknya menganggap keberadaan sidik jari di sisi atas daripada lokasi di belakang. Karena bodi lebih bersih dan penempatan jari pada sensor juga lebih natural.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru